wyT7Ou6uzyfjs6GqEuDgdba8KnU
Link2Communion.com http://link2communion.com/pages/index.php?refid=noeyputra

Selasa, 18 Oktober 2011

SEJARAH KEKAISARAN ROMAWI


 
 Bangsa apa yang paling besar, paling kaya, dan paling kuat di zaman kuno ? jawabannya adalah adalah kekaisaran Romawi yang hebat. Berpangkal di kota Roma, kekaisaran itu membentang melintasi tiga benua dan meliputi jutaan orang. Kekaisaran Romawi berlangsung selama 500 tahun.



ROMA BANGKIT BERKUASA
Menurut legenda, kota Roma didirikan di Italia tengah pada 753 SM. Sewaktu Roma semakin kaya dan semakin kuat, para prajuritnya mengambil alih tanah didekatnya. Pasukan yang terlatih dan berdisiplin adalah mesin petarung yang menakutkan.
Pada 30 SM, Roma mengendalikan sebagian besar Eropa, Utara Afrika, dan Timur Tengah. Untk menjaga daerah – daerah taklukan ini, orang romawi membangun tembok dan benteng – benteng militer. Mereka juga membangun jalan – jalan yang sangat bagus sehingga prajurit dapat berbaris cepat menuju daerah – daerah bermasalah.
MULAINYA KEKAISARAN
Kekaisaran Romawi mulai pada 27 SM. Tahun itu, seorang jendral yang keras dan pintar berhasil mengendalikan Roma setelah perang saudara yang berlangsung lama. Namanya Octavian, tetapi rakyat romawi menyebutnya Augustus. Gelar Augustus berarti yang dihormati atau pemimpin suci. Augustus menjadi kaisar pertama Romawi. Bulan Agustus di ambil dari namanya.
Augustus melihat bahwa Roma membutuhkan pemerintahan  yang baru. Ia mengangkat para profesional untuk mengelola keuangan pemerintah dan memastikan makanan dan air bersih yang cukup. Ia menata ulang tentara dan menetapkan kebijakan baru untuk tim pemadam kebakaran. Ia mendorong kehidupan keluarga dengan membayar orangtua untuk mempunyai anak lebih banyak. Ia juga menghidupkan upacara – upacara lama untuk menghormati para dewa yang dianggap membimbing dan menjaga Roma. Pada saat Augustus wafat pada 14 M, ia telah menghubungkan tanah – tanah Romawi ke dalam satu pengaturan yang mengagumkan.Inilah kekaisaran Romawi.
PEMERINTAHAN
Para kaisar tetap mengurus kekaisaran romawi selama 500 tahun . Beberapa, seperti Nero adalah kaisar yang kejam. Beberapa lagi seperti Commodus, bodoh dan bengis.Akan tetapi sebagian besar memerintah dengan baik dan segelintir seperti Trajan, menonjol.ketika para kaisar wafat, mereka dipuja sebagai dewa.
Tiap provinsi ( wilayah ) kekaisaran diperintah oleh seorang gubernur. Gubernur dibantu oleh para pejabat yang terlatih dan kadang – kadang oleh para raja atau pemimpin setempat. Setiap orang dalam kekaisaran harus membayar pajakdan mematuhi hukum- hukum Romawi. mereka juga harus menggunkan uang romawi.mata uang romawi bergambar potret sang kaisar.Karena itulah setiap orang tahu siapa yang sedang berkuasa.
SIAPA YANG HIDUP DI KEKAISARAN ROMAWI
Roma  memerintah hampir lebih 50 juta orang pada 27 SM . Mereka termasuk bangsa Yunani, Mesir, Celt,Afrika, Arab, dan Yahudi.Secara tradisional, masyarakat Roma dibagi menjadi dua belas atas dan dua kelas bawah. Para senator termasuk kelas bawah. Para senator termasuk kedalam kelas yang tertinggi, dan para budak termasuk ke dalam kelas yang paling rendah. Dalam perjalanan waktu, kelas menjadi kurang penting dibanding kekayaan. Setelah tahun 212, tiap orang bebas di dalam kekaisaran itu diperlukan setara, sebagai warga negara Romawi. Dimana pun mereka memerintah, orang Romawi memperkenalkan bahasa mereka sendiri, yaitu bahasa Latin. Mereka juga membawa teknologi, seni, hiburan, dan gaya – gaya bangunan mereka. Banyak kuil, teater, jalan- jalan besar dan aqudecut ( jembatan – jembatan yang membawa air ) masih bertahan di banyak bagian Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah.
IBUKOTA KEKAISARAN
Kota roma adalah pusat kekaisaran . kota mempunyai kuil – kuil untuk pemujaan, gedung pengadilan, rumah dan bangunan – bangunan apartemen, gelanggang olahraga, toko – toko. Roma juga mempunyai jalan yang padat, berbau ,becek dan bising. Sekitar 1 juta orang hidupdi Roma pada 27 SM, membuat koata itu menjadi kota terbesar di dunia saat itu.
Rakyat pindah sepanjang waktu dari pedesaan ke Roma, tetapi banyak orang tidak dapat menemukan pekerjaan. Para kaisar memberikan makanan dan pertunjukkan besar gladiator untuk membuat warga kota puas dan berhenti melakukan kerusuhan.Salah seorang penulis roma mengatakan bahwa para kaisar memerintah dengan “ roti dan sirkus ”.
PENAKLUKAN DAN KERUNTUHAN
Pada tahun tahun awal, kekaisaran Romawi terus berkembang. Akan tetapi. Para kaisar kemudian menemukan bahwa tanah kekaisaran itu terlalu luas dan terlalu beragam untuk dikendalikan.Pada 284 M, Kekaisaran Romawi dibagi di antara empat penguasa. Kaisar Constantine menyatukan kembali tahun 324 M. Constantine menjadi penganut agama Kristen dan memberi posisi yang menguntungkan kepada Kristen didalam kekasiaran itu.
Segera sesudah pemerintahan Constantine, kekaisaran itu diserang oleh suku – suku yang ganas dari Utara dan Timur. Perampoka yang mereka lakukan menyebabkan kengerian dan kekurangan makanan. Pada 395 M, Kekaisaran itu terpecah menjadi Kekaisaran Timur dan Kekaisaran barat. Kekaisaran Timur yang kaya diperintah dari Constantinopel ( Istanbul sekarang ). Ia tetap kuat. Akan tetapi para kaisar Barat yang miskin dan lemah tidak dapat mempertahankan kekuasaan mereka. Kaisar Barat yang terakhir dipaksa keluar dari Roma oleh para penyerbu yakni Bangsa Goth tahun 476 M. Kekaisaran timur tetap bertahan sebagai Kekaisaran Byzantium.
Runtuhnya Kekaisaran Romawi pada 476 tidak berarti berakhirnya peradaban Romawi.Bahasa Latin terus hidup dan berkembang menjadi bahasa – bahasa eropa deperti bahasa Prancis, Spanyol, dan Italia. Seni, bangunan dan tulisan Romawi memengaruhi kebudayaan – kebudayaan yang muncul belakangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hostgator coupon