wyT7Ou6uzyfjs6GqEuDgdba8KnU
Link2Communion.com http://link2communion.com/pages/index.php?refid=noeyputra

Minggu, 16 Oktober 2011

SEJARAH HONGKONG DAN TAIWAN


A.    Sarang Perampok yang menjadi pusat perdagangan ,itulah Hongkong
1.      Pendahuluan
Dari segi politik,posisi Hongkong yang kapiatalis itu startegis untuk memonitor keadaan dan perkembangan politik di daratan Cina.Sedangkan dilihat dari segi ekonomi atau perdagangan,posisi Hongkong sangat strategis.Hongkong merupakan pelabuhan bebas.Di samping itu Hongkong juga merupakan kawasan wisata dan industri.Oleh karena itu tidak heran kalau hingkong menjadi pusat perhatian.
2.      Hongkong sarang perampok
Nama Hongkong berasal dari kata “ Heung Kong “ yang artinya “ pelabuhan harum.Dalam dialek Canton dikenal dengan istilah “ Heung Gong “ yang artinya pelabuhan semerbak “.Adapun Kowloon artinya “ Sembilan Naga”.Namun julukan Hongkong sebagai kerajaan penyamun juga tidak meleset.Sebab pada waktu para pedagang dari Portugis datang pada abad ke – 16.Hongkong merupakan kumpulan desa nelayan dan pertanian.Karena penduduknya jarang,teluk-teluk dan pulau – pulau kecil sepanjang pantainya yang panjang dan berkelok-kelok menjadi tempat bersarang bajak laut yang menggangu pelayaran sepanjang pantai cina selatan.Oleh karena itu tidak banyak penduduk yang berani bertempat tinggal di situ.
3.      Kehidupan Hongkong
Penduduk Hongkong pada tahun 1982 berjumlah kurang lebih 5,5 juta jiwa,98 persennya berasal dari Cina daratan.sedangkan sisa nya terdiri dari orang – orang Inggris,Amerika,Portugis dan Jepang.Selain itu Hongkong merupakan tempat rendezvouz bagi budaya timur,khususnya adat-istiadat Cina dengan budaya barat.Hongkong kini telah menjadi pusat perdagangan dan industri yang menakjubkan.Di samping pembaharuan di bidang teknologi,Hongkong juga merupakan sorga bagi pelancong yang berbelanja setiap tahunnya.
Dalam segala kebesarannya itu,sebenarnya Hongkong hanya terdiri dari tiga wilayah yakni : Pulau Hongkong yang luasnya 32 mil persegi ( yang diperoleh Inggris melalui perjanjian Nanking 1842). Semenanjung Kowloon yang luasnya 3,75 mil persegi ( diperoleh melalui perjanjian Tietsin tahun 1860,termasuk beberapa pulau kecil dan pulau Stonecutter ) dan wilayah baru atau new territories ( yang disewa inggris selama 99 tahun,diperoleh melalui perjanjian Peking tahun 1898). New territories ini seluas 365 mil persegi atau 10 kali luas bagian koloni lainnya.
B.     Kembalinya Hongkong ke Pangkuan RRC dan Dampaknya bagi Taiwan
1.      Pendahuluan
Setelah melalui perundingan-perundingan selama kurang lebih 2 tahun,akhirnya pada tanggal 26 September 1984,pemerintah Inggris dan pemerintah RRC berhasil memaraf sebuah deklarasi bersama tentang masa depan Hongkong setelah habis masa sewanya pada tanggal 30 Juni 1997.Selanjutnya pada tanggal 19 Desember 1984 di Peking,PM Margaret Thatcher dan PM Zhao Ziang menandatanganinya.

2.      Kepentingan RRC atas Hongkong
Usaha pemerintah Peking untuk menguasai kembali Hongkong sebenarnya sudah ada sejak awal tahun 1950-an.Akan tetapi mungkin beberapa pertimbangan yang mencegah RRC untuk cepat-cepat menguasai kembali Hongkong.Yang pertama adalah pertimbangan militer,karena mereka harus menghadapi pasukan inggris yang pada waktu itu cukup tangguh di wilayah Asia Pasifik.Selain itu keterlibatan dalam perang Korea mengakibatkan RRC dimusuhi oleh hampir sebagian negara Barat sehingga mereka mengenakan embargo ekonomi.
Yang kedua adalah pertimbangan ekonomi.Ditinjau dari segi ekonomi,Hongkong mempunyai arti penting bagi pembangunan ekonomi RRC.Dengan Fasilitas – fasilitas dan sarana yang lengkap,hongkong dapat di manfaatkan untuk meningkatkan devisa RRC.Investasi RRC di Hongkong dapat mencapai 10 – 12 kali lebih besar dari investasi RRC di tempat lain.Tetapi perkembangan sejak akhir tahun 1970-an tampaknya memunculkan arti penting Hongkong bagi RRC.Berulang kali Peking mengatakan bahwa penyatuan kembali wilayah Hongkong,Taiwan,dan Makao merupakan salah satu sasaran nasional disamping program empat Modernisasi.Hal ini kemungkinan karena pemerintah RRC telah berhasil memperbaiki hubungan dagang dengan secara langsung dengan negara – negara barat yang pernah melakukan embargo ekonomi terhadapnya dapat dilaksanakan.
Penegasan Pemerintah Peking untuk menyatukan kembali Hogkong,Taiwan dan makao pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan citra kelompok Deng Xiaoping di mata rakyat RRC dan memperbaiki citra RRC di mata dunia internasional,khususnya negara blok timur dan dunia ketiga.
3.      Kepentingan Inggris Atas Hongkong
Sebagai satu koloni ,Hongkong wajib mendukung perekonomian Inggris.Antara tahun 1945-1972,surplus Hongkong telah memperkuat kedudukan poundsterling sebagai mata unag internasional.Pendapatan rata-rata setiap tahunnya yang masuk ke Inggris mencapai sekitar 200-300 juta.Pendapatan itu belum termasuk keuntungan para penanam modal Inggris di Hongkong.
Usaha Inggris untuk menyelesaikan masalah Hongkong itu tidak sia-sia.Setelah 2 tahun berunding,pada tanggal 26 September 1984 tercapai suatu kesapakatan bersama yang menelorkan Memorandum Of Understanding ( MOU) yang intinya adalah sebagai berikut:
a.       Sesuai dengan pasal 31 Konstitusi baru RRC,Hongkong akan menjadi satu wilayah administrasi khusus ( Special Administrative Region-SAR) mulai tanggal 1 Juli 1997.
b.      Wilayah ini akan tetap mempunyai sistem sosial ekonomi dan kehidupan seperti sekarang ini selama 50 tahun setelah 1 Julli 1997.
c.       Inggris tetap bertanggung jawab atas pemerintahan Hongkong sampai 30 Juni 1997.
d.      Posisi Hongkong sebagai pelabuhan bebas,wilayah pabean tersendiri dan pusat keuangan tetap dipertahankan bersama kebebasan di bidang keuangan.
e.       Cian akan bertanggung jawab atas masalah keamanan dan politik luar negeri Hongkong.
f.       Sistem hukum dan pengadilan Hongkong,termasuk hukum adatnya tidak akan berubah.
g.      Pemimpin pemerintah Hongkong akan ditunjuk oleh Peking berdasarkan pemilihan umum atau konsultasi yang diadakan di Hongkong.Para pejabat senior diusulkan oleh pemimpin pemerintah itu dan ditunjuk oleh pemerintah RRC.
h.      SAR Hongkong akan disebut Hongkong Cina dan akan mempunyai otonomi dalam bidang ekonomi,keuangan dan  moneter.Tidak akan ada pegawasan devisa dan dollar Hongkong akan mengembang,tetapi gambar ratu Inggris,Elizabeth II harus hilang.
i.        Para investor akan bisa menambah modal dan menarik kembali modalnya dengan bebas di Hongkong.
j.        Hongkong bebas menentukan kebijaksanaan pelayaran atau mengadakan hubungan dengan negara lain.Hongkong juga bisa ikut dalam badan internasional seperti GATT.
k.      Suatu dewan Penghubung Inggris –RRC akan dibentuk unutk mengawasi peralihan pemerintah pada tahun 1997 dan akan bekerja terus sampai 1 Januari 2000.
l.        Komite tanah bersama Inggris – RRC akan dibentuk untuk memonitor penjualan tanah yang merupakan sumber utama pemerintah Hongkong.Tanah baru yang tersedia untuk di jual dibatasi 50 hektar tiap tahun mulai berlakunya deklarasi bersama sampai 30 Juni 1997.Sedangkan sewa tanah sebelum 30 Juni 1997 akan diperpanjang 50 Tahun lagi tanpa membayar tambahan sewa.
m.    Hongkong diijinkan mengadakan  perjanjian udara dengan negara lain sepanjang tidak menyangkut daratan RRC.
n.      Polisi dan Pegawai negeri Hongkong diperbolehkan terus bekerja dan memegang jabatannya.
4.      Dampaknya Bagi Taiwan
Hasil perundingan Inggris – RRC mengenai masa depan Hongkong itu ditanggapi oleh pimpinan Koumintang di Taipei.Mereka yakin bahwa Taiwan akan menjadi target berikutnya saperti yang dikatakan oleh Peng Zhen tanggal 16 Juli 1982 di depan kongres nasional rakyat bahwa Hongkong,Taiwan dan Makao akan menjadi wilayah administrasi khusus (SAR) dibawah pimpinan Peking.Mereka menyatakan bahwa dengan berhasilnya RRC menguasai Hongkong tanpa mempergunakan senjata,Taiwan akan lebih mudah mendapat tekanan internasional untuk mengadakan perundingan dengan Peking dan memakai formula Hongkong.Meskipun demikian kebijakan pemerintah Nasioanalis adalah tetap tidak mau kompromi dengan Peking.
C.     Masa Depan Taiwan Setelah Hongkong,Sebuah Analisa
1.      Timbulnya Masalah RRC dan Taiwan
Persoalan ini bermula sejak pecahnya perang saudara pada tanggal 12 April 1927,antara kaum nasionalis pimpinan Chiang Kai Shek dengan kaum komunis pimpinan Mao Tse Tung.
2.      Masalah Penyatuan Taiwan
Masalah penyatuan Taiwan dengan Cina daratan bagi Peking memang pasti alasannya,yakni yang pertama,seperti di awal tulisan ini,bahwa secara simbolis penyatuan ini merupakan lambang keberhasilan revolusi komunis dan selama belum bersatu revolusi belum selesai hal ini menurut anggapan RRC.yang kedua,secara strategis pulau taiwan akan meningkatkan posisi geo-politik RRC dikawasan pasifik barat,yang sekarang menjadi ajang pertarungan negara-negara besar.ketiga,keberhasilan menyatukan Taiwan ini merupakan suatu prestise tersendiri bagi para pemimpin RRC dari masa ke masa selalu berusaha untuk menyatukannya walau selalu gagal.

3.      Tanggapan Taiwan
Sementara bagi Taiwan tampaknya masih tetap memegang prinsipnya.Taiwan tidak akan pernah sekallipun mau bersatu kembali dengan  RRC.Taiwan tetap pada tujuan semula,apapun yang terjadi itu telah menjadi tekadnya.
Dalam tahun 1983,Sun Tun-Suan yang pada waktu itu menjabat sebagai Perdana menteri Taiwan dalam pernyataannya mengatakan : ‘ Kami mengemban tugas penting yaitu: pertama membangun kembali ketahanan nasional dan kedua merebut kembali cina daratan ini merupakan kebijkan kami yang paling fundamental,tak bisa diubah.Bagi Cina komunis rebutan soal perdamaian hanya semata-mata bentuk lain dari perang.kami tak akan menanggapinya.Cina harus di satukan,merdeka,demokratis,bebas,progresif,terbuka dan damai.Bangsa Cina bersatu berdasarkan San Min Chu I nya Dr.Sun Yat Sen “.
Bagaimana Amerika Serikat??
Dimata Ameriaka Serikat,Taiwan memang mempunyai kedudukan Strategis,amat penting bagi Amerika Serikat.
1)      Taiwan dapat dikatakan Pro barat.hal ini jelas menguntungkan Amerika Serikat.
2)      Posisi Taiwan di Laut Cina Selatan sangat menguntungkan bagi Amerika Serikat.Dengan adanya pasukan Amerika Serikat disana ,akan terjaga jalur sumber daya,jalur perdagangan antar sekutu-sekutunya,misalnya Jepang,dan negara-negara lain.Mengingat kawasan ini merupakan jalur lalu lintas yang penting.
3)      Sistem sosial ekonominya seperti yang dinginkan Amerika Serikat yakni bebas.
4)      Adanya kekuatan Amerika Serikat di Taiwan bisa menjadi semacam peringatan bagi Uni Soviet yang kini sedang terlibat dalam pergumulan kekuatannya dengannya dikawasan ini,antara lain dengan ditempatkannya armada Uni soviet di Cham Renh Bey,Vietnam.
5)      Amerika Serikat pasti tak tega membiarkan sekutunya jatuh ke tangan komunis.
6)      Menjaga keseimbangan di kawasan ini.

8 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]


    ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D

    BalasHapus
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  4. Butuh Bandar Online terpercaya ?
    Yuk join aja menjadi member Di TogelPelangi

    Menyediakan permainan ;
    Togel
    Live dd48red blue

    serta memberikan prediksi terakurat

    DISKON Pemasangan :
    4D ; 66%
    3D : 59%
    2D : 29%

    Support 4 Bank terbaik :
    BCA
    MANDIRI
    BNI
    BRI

    Hot Promosi Jackpot Super Lucky
    Promo New Member
    Komisi Referal 1%

    Daftar sekarang bos : www. togelpelangi .com /daftar

    Info dan contact :

    BBM D8E23B5C
    LINE togelpelangi
    No telp.dan W.a +85581569708

    BalasHapus
  5. Metrolina Credit Company
    Halo

    Apakah Anda seorang pria atau wanita dengan busuk dan Anda memerlukan bantuan keuangan dan bank telah menolak Anda karena nilai kredit Anda buruk dan Anda memerlukan dana untuk meningkatkan bisnis Anda lagi karena tugas kami untkarena uk mendukung Anda dalam endaevour keuangan Anda harus khawatir tidak lagi. Metrolina Credit Company hadir untuk mempermudah pinjaman dan membantu Anda mendanai bisnis Anda dan kebutuhan keuangan lainnya

    Ew dapat membantu Anda melalui prosedur pemberian pinjaman yang mudah dan Anda yakin akan pinjaman dari perusahaan ini yang harus Anda lakukan adalah memberikan kredensial sejati Anda dan Anda dapat mengajukan permohonan kepada kami melalui hal-hal berikut.

    Gmail: metrolinacreditcompany@gmail.com

    Dari kategori busness apakah anda termasuk kita yang meminjamkan dan dengan paket pembayaran yang mudah anda akan bebas dan releaf

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hybrid.
    Kepemilikan tunggal.
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.

    Sebagai bisnis pribadi Anda bisa melamar dalam mata uang apapun yang Anda inginkan

    Terapkan sekarang
    Perusahaan Kredit Metrolina
    metrolinacreditcompany@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  6. Wargatogel.org adalah penyedia layanan permainan togel online profesional. Berapapun kemanangan bet anda, pasti akan dibayar. Pastikan data akun togel anda sesuai dengan data diri anda. Wargatogel menjamin kerahasiaan data dari semua member agar lebih mudah bermain:

    togel hongkong live
    agen togel singapura atau judi togel online

    BalasHapus
  7. Prediksi togel hongķong dan togel singapore Akurat 100% dan Arti Tafsir Mimpi

    https://www.klik4d.pro/prediksi-togel-akurat-hk-tanggal-26-februari-2020/

    https://www.klik4d.pro/prediksi-togel-akurat-sgp-tanggal-08-maret-2020/

    INFO Pendaftaran Togel : http://159.89.197.59/register/
    INFO Prediksi Togel : https://www.klik4d.site

    Agen Togel BOLAVITA
    BONUS POTONGAN GAMES TOGEL ONLINE

    PERMAINAN TOGEL KLIK4D :
    2D = 29,25%
    3D = 59,25%
    4D = 66%

    PERMAINAN TOGEL Isin4D :
    2D = 30%
    3D = 59%
    4D = 66%

    Bolavita Sekarang Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sekarang Bosku Sudah Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL Minimal Deposit 25rb.

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus

hostgator coupon